Teknik Dasar Menyelam

Menyelam di negeri sendiri sudah menjadi hal yang wajar tapi belum umum. Banyak masyakarat pedesaan bahkan perkotaan yang jauh dari laut belum rutin melakukan aktivitas menyelam. Berbeda dengan nelayan dimana tugas kesehariannya menangkap ikan di laut.

Tapi apakah hanya nelayan saja yang bisa menyelam? Tentu tidak, masyarakat pegunungan pun bisa melakukan itu tapi sebelum menyelam langsung perlu beberapa hal yang diperhatikan. Nanti Lapin coba jelaskan. Harus diingat bahwa menyelam tidak seperti berenang, jika berenang memposisikan badan kita mengapung di permukaan air, sedangkan menyelam memposisikan badan kita tenggelam ke dasar laut. 

Piranti yang dibutuhkan juga tidak sederhana, banyak dan berat. Jadi jangan sembarangan saat mencobanya. Bagi yang belum pernah sama sekali menyelam perlu lakukan trik dari video yang Lapin berikan kemudian dipraktekkan.


Sebenarnya ada banyak hal yang perlu dipelajari tapi untuk pemula, mulailah dengan teknik dasarnya terlebih dahulu sembari terus mempelajari hal lain. Cari juga informasi lebih detail tentang lokasi yang tepat untuk menyelam sembari mencari komunitas menyelam terdekat untuk semakin menambah pengetahuan tentang menyelam. 

Sayang bukan jika Tuhan sudah menciptakan alam semesta yang begitu indah namun seolah-olah kita sia-siakan untuk tidak kita nikmati seperti keindahan biota laut, keanekaragaman satwa laut dan keindahan laut itu sendiri. 

Comments