Gokil! 9 Lagu Barat Versi Jawa, Keren Abis

Kalian pasti sering kan dengerin lagu barat kayak One Direction, Justin Bieber, Bruno Mars dan yang lain. Semua lagu barat emang enak di dengar, selain totalitas dalam bermusik penampilan mereka yang menawan bahkan beberapa aduhai menjadi nilai jual tersendiri.

Efek itu merata di seluruh penjuru dunia tanpa terkecuali terlebih di Indonesia. Indonesia dengan gampang menerima semua jenis lagu, aliran lagu bahkan konser-konser yang selalu ada gak ada habisnya. Hal ini semakin menambah keanekaragaman yang berkembang di masyarakat.

Namun, apa jadinya bila musik barat yang mayoritas menggunakan 7 nada dasar digubah menjadi musik versi jawa dengan sisipi gamelan di dalamnya. Ini menarik, apakah ada yang membuat seperti itu?  Jawabannya ada.



Gokil! 9 Lagu Barat Versi Jawa, Keren Abis
Mas Awan (youtube.com)

Mas Awan dengan channel youtube-nya yang bernama Gamelawan.P5Pro berhasil menyedot perhatian khususnya masyarakat jawa. Ide kreatif miliknya bisa kalian tonton setelah Lapin berikan di bawah nanti. Mas Awan berhasil membawa nilai budaya dari hasil kolaborasi dengan musik barat yang dicampurnya. 

Simak 9 judul lagu barat yang berhasil digubah ke dalam lagu jawa


1. Flashlight (Ojo Minggat)




2. Locked Away (Ojo Lunga)





3. See You Again (Nelongso)





4. Don't Let Me Down (Goleki Kon)




5. Faded (Sepine)





6. Alone (Tresno)





7. A Sky Full of Star (Kae Lintang)




8. Desser (Zubaidah)





9. What Do You Mean (Ngaku Mukmin)





Bagaiman menurut kalian? sungguh diluar dugaan. Pendekatan ini semakin menguatkan kita sebagai bangsa Indonesia bahwa segala sesuatu setelah diakulturasikan ke dalam seni budaya menghasilkan sesuatu yang unik, menarik dan berkesan. 

Lapin jadi teringat syair lagu Dessert milik Dawin "They can immitate you but they can't duplicate you, cause you got something special, that's makes me wanna taste you"
Tidak ada yang terlihat sama dalam konteks ini, yang ada hanyalah perbedaan yang membawa nilai bagi sesama. Oya kalian juga bisa menikmatinya via Spotify

Comments