Regenerasi Android OS dari Masa ke Masa, Sudah sampai Mana Sekarang?

Android OS bisa dibilang pilihan utama para pengguna smartphone. Tak disangka perjalanan 'Robot Hijau' ini sudah cukup jauh. Perkembangannya disetiap generasi mampu bersaing dan memberikan fitur-fitur terbaru. Mungkin masa keemasan Android OS akan berada pada puncaknya nanti.

Android OS
Android OS (Foto : zopini.com)

Oleh karenanya Android OS memiliki sejarah yang tak boleh dihilangkan begitu saja. Tanpa rentetan riwayat Android OS mengenai awal kemunculannya sampai sekarang, kamu tak akan menikmati Android OS terbaru saat ini. Apa saja, Android OS yang pernah ada?


1. Android Astro Boy

Android paling awal ini membawa perubahan besar terhadap perkembangan Android OS. Android yang diberi nama Astro Boy, disematkan pada smartphone HTC. Disusul pula Android Market sebagai tempat untuk mengunduh berbagai pilihan aplikasi yang masih terbatas di jamannya. Namun karena alasan hak cipta dan alasan trademark, sebutan Astro dihilangkan. 

2. Android Bender

Versi Android OS yang kedua ini juga mengalami masalah penamaan seperti versi sebelumnya. Nama Bender pun tak jadi disematkan. Tapi ada perangkat yang menggunakannya yaitu T Mobile G1. Kehadirannya memperbaiki beberapa bugs, mengganti API dan menambahkan beberapa fitur.


3. Android Cupcake

Mulai dari sinilah, penamaan makanan pencuci mulut alias dessert bagi Android OS dimulai. Setelah kedua Android OS pendahulu menggunakan nama-nama robot fiksi. Cupcake mengawalinya dengan huruf ke-3 dari alfabet yaitu C. Perubahan signifikan ini tidak hanya nama versi Android OS tapi juga pada sistem operasi. Beberapa diantaranya seperti sistem fasilitas mengunggah video ke Youtube, aplikasi headset nirkabel bluetooth, tampilan keyboard di layar, serta tampilan gambar bergerak yang lebih menarik. Para developer meningkatkan kemampuan secara bertahap demi terwujudnya Android Cupcake. 


4. Android Donut

Progres dari Android Cupcake membawa misi jangka pendek untuk Android Donut. Android Donut sendiri merupakan kelanjutan dari Android Cupcake. Terdapat beberapa fitur yang semakin baik seperti fitur pencarian dan UI yang lebih user friendly. Selain itu, fitur indikator baterai pada ponsel, pengguna dapat menentukan dan memilih file yang akan dihapus, zoom-in dan zoom-out gambar dengan membaca sensitivitas gerakan tangan dan arah serta penggunaan jaringan yang mendukung CDMA/EVDO. 

5. Android Eclair

Daya tarik Android Eclair membuat industri smartphone ceria. Dahulu saat smartphone belum lahir, dominasi PDA seperti Blackberry sangat kuat bahkan iPhone yang masih mahal menjadi saingan terberat. Android Eclair memberikan pilihan alternatif dan mendorong para produsen handphone terkenal ikut menyisipkan Android Eclair. Terjadi penambahan hardware dan fitur seperti layanan Google Maps, perubahan UI dengan dukungan HTML 5, dukungan Flash untuk kamera, digital zoom dan bluetooth 2.1. 


6. Android Froyo

Android Froyo mengusung nama Froyo yang berarti Frozen Yoghurt. Dirilis perdana pada smartphone Google Nexus One, pembenahan terus dilakukan seperti UI, update sistem, serta aplikasi. Memori eksternal sudah disediakan Android OS versi ini. Dari sini muncul rumor persaingan iPhone dan Android menggema karena intensnya melakukan perubahan besar.


7. Android Gingerbread

Dari segi tampilan juga sudah semakin atraktif. Android Gingerbread sudah mulai mengkonsentrasikan peningkatan mutu aplikasi terlebih permainan. Android Gingerbread memiliki pengguna terbanyak dibandingkan Android OS yang lain. 

8. Android Honeycomb

Android Honeycomb digunakan Motorola Xoom. Mulai adanya optimalisasi user interface karena Android jenis ini digunakan  pada tablet. Tampilan layar yang besar pada tablet membutuhkan dukungan hardware dan spesifikasi yang tinggi menyebabkan perangkat tersebut menggunakan Android Honeycomb

9. Android Ice Cream Sandwich

Fitur terbaru semakin dipoles dengan memaksimalkan kualitas fotografi, grafis dan resolusi gambar, kualitas video dan masih banyak yang lain.


10. Andorid Jelly Bean

Android Jelly Bean didengungkan vendor asal Taiwan yaitu Asus dengan memprakarsai dan memperkenalkan Google Nexus 7. Terlihat semakin dinamis, responsif dan bertambah kemampuan on-screen keyboard dan fitur menarik yang lain.


11. Android Kitkat

Kitkat salah satu brand coklat menjadi bagian dari penamaan Android versi 4.4. Tentu sebagian orang sudah mengenal coklat populer tersebut. Apalagi sudah ada pernyataan langsung yang dilansir BBC dalam wawancara dengan John Lagerling selaku representatif dari Google.

12. Android Lollipop

Permen pentol ini menjadi Android versi 5.0. Sisi desain dan performa menjadi fokus Google, dibuktikan dengan memiliki runtime, grafis, serta daya tahan baterai yang lebih baik. Perubahan besar pun terjadi bisa dilihat dari UI dan juga prosesor yang disematkan.


13. Android Marshmallow

Semakin ringan dan cepat cocok disandingkan Android Marshmallow. Android Marshmallow juga memiliki skema manajemen daya baru bernama Doze yang mengurangi tingkat aktivitas aplikasi latar belakang. Selain itu juga memberikan dukungan asli untuk pengenalan sidik jari.


14. Android Nougat 

Android Nougat memiliki fitur dan spesifikasi berupa vulkan, pemberitahuan yang telah diperbaharui dengan aplikasi Google dan layar terpisah serta mendukung beberapa bahasa dan Doze on the Go.

15. Android O

Masih menjadi misteri yang belum terungkap mengenai apa kelebihan dan nama yang cocok. Rumor terbaru Sony vendor smartphone dari Jepang sudah memulainya.

Comments