3 Kata Ini Terlihat Indonesia Sekali Tapi Jarang Diperhatikan Seksama

Pernah terbesit kata dalam bahasa Indonesia namun digunakan pada bahasa-bahasa lain. Terlihat kemiripan yang mencolok sekali. Ketidak sengajaan ini menimbulkan tanda tanya besar? Apakah sejatinya Indonesia memiliki kontribusi lebih dalam segala hal?


words
Words (Foto : youtube.com)

Mungkin baru terpikirkan saat ini dan diabaikan, tapi perlu ditelaah kembali agar semakin yakin bahwa Indonesia memberikan inspirasi yang besar bagi dunia. Berikut kata-kata yang diyakini membawa Indonesia bukan hanya sebagai suatu bangsa melainkan ide tentang masa depan.


1. Java

Siapa yang tidak mengenal kata Java, terjemahan dalam bahasa Indonesia ke dalam bahasa Inggris yang berarti Jawa. Penggunaan kata Java dalam bahasa pemrograman dilatar belakangi saat pembuat Java menikmati secangkir kopi kemudian sambil bertanya,
"Kopi ini berasal dari mana?" kemudian dijawab, "Dari Jawa". From Java inilah yang kemudian semakin populer dikembang biakan ke dalam berbagai aplikasi baik desktop maupun mobile. Hingga saat ini, bahasa Java masih tetap eksis dan digunakan. 


2. Echo

Echo dalam bahasa Jawa berarti enak, tapi berbeda dengan maksud dari bahasa pemrograman yang satu ini. Bahasa pemrograman PHP memberikan kata echo untuk proses output dari penulisan kode (source code) untuk bisa ditampilkan. Belum diketahui kenapa PHP menggunakan echo, apakah karena terjemahan dari bahasa Inggris yang berarti gema.


3. RT

Retweet produk penamaan bagi tweet yang diulang dari Twitter juga memberikan gambaran nyata bahwa Indonesia kaya dengan bahasa. RT sendiri digunakan di banyak tempat di Indonesia sebagai kepanjangan dari Rumah Tangga. Alamat tiap rumah pasti memiliki RT serta RW. Tujuan dan motivasinya masih belum dapat dipahami secara lebih logis. Ada beberapa hal tersembunyi dan masih banyak orang yang tidak mengetahuinya. 

2 Comments

  1. Wah pengetahuan 3 kata yang memang jarang di cari oleh kebanyakan bisa di jadikan tambahan wawasan baru nih untuk tambahan pengetahuan kata-kata yang jarang diketahui dan sulit dicari di internet.

    ReplyDelete