Kisah Kreatif : ThinkWeb Mengadopsi Ide Kreatif Google

Sekarang makin banyak orang yang ingin berpikir out of the box, tapi kadang saking kreatifnya sampai out beneran. Padahal ide out of the box sebaiknya di execute inside the box.



Kisah Kreatif: ThinkWeb Mengadopsi Ide Kreatif Google
Think.web.id 

Nah salah satu contoh kreatif yang dipilih sekarang adalah ThinkWeb. ThinkWeb adalah agensi di bidang digital media yang dipimpin oleh Ramya dan Anantya. Kalo bicara tentang dunia digital dan internet pasti sudah banyak yang gak asing lagi dengan google. Perusahaan yang bergerak di bidang jasa dan produk internet ini selain dikenal dengan inovasinya juga dikenal karena kantornya yang kreatif.

Pada saat ramya dan anan berkunjung ke kantor google, mereka melihat kalo google memberikan begitu banyak privilage yang out of the box kepada karyawannya. Salah satunya memperbolehkan karyawan membawa anjing peliharaan mereka ke tempat kerja. Mungkin supaya karyawan gak harus buru-buru pulang untuk mengurus anjingnya. 

kebanyakan perusahaan yang berkunjung ke google atau bahkan membaca kisah keren kantor google akan meniru bulat-bulat apa yang dilakukan oleh google. Bila mana perusahaan mereka mampu. 

Bagaimana dengan ThinkWeb? Apakah mereke ikut-ikutan ATP? Alias amati, tiru, plek? Tentunya tidak. Karena ramya dan anan berpegang pada prinsip execute inside the box. 

Pulang dari google ramya dan anan terinspirasi untuk memberikan fasilitas yang berbeda untuk karyawan mereka. Namun, sebelum memutuskan mereka mencari tahu dulu apa sih yang dibutuhkan karyawannya. 

Setelah mengamati dan ngobrol dengan para karyawannya, mereka berkesimpulan kalo kebanyakan karyawan ThinkWeb tidak khawatir dengan binatang peliharaan mereka. Namun, karyawan mereka yang rata-rata anak kos itu lebih khawatir kalo mendadak hujan dan jemuran mereka menjadi basah. Akhirnya ramya dan anan memberikan fasilitas laundry gratis untuk para karyawan pada hari tertentu. 

Para karyawan membawa baju mereka ke kantor untuk kemudian dibawa oleh jasa laundry. Beberapa hari kemudian baju-baju merekapun siap untuk dipakai kembali. Seiring dengan waktu, karyawan ThinkWeb juga diberikan fasilitas house keeping untuk membersihkan dan merapikan kos mereka. Jadi karyawan gak perlu khawatir dengan jemuran pada saat hujan ataupun kos mereka yang masih berantakan. 

wow your employee, supaya mereka bisa bekerja lebih maksimal tidak perlu dengan biaya yang super mahal, biaya laundry kiloan tidak terlalu mahal. Namun dampaknya para karyawan bekerja dengan hati yang tenang. Kita sering melihat sesuatu yang keren dan kreatif, namun bukan berarti kita bisa langsung meniru tanpa mengamati apa kondisi kita dan apa yang kita butuhkan. Jadi semua hal standar sebenernya bisa lho kita jalankan dengan sedikit ide kreatif. 



Kisah diatas adalah petikan dari Yoris Sebastian yang bisa kalian lihat videonya di bawah ini :

Comments