Islami : Cara Membersihkan Kemaluan

Masyarakat saat ini kadang nyepelein satu hal ini, entah siapapun tanpa terkecuali. Lapin pengen masyarakat muslim seluruh Indonesia mulai peka terhadap masalah kebersihan dan kesucian diri, termasuk bagian paling gampang kena najis. Hadas besar dan hadas kecil itu harus dibersihkan agar suci, demi syarat sahnya solat. Sudah sejauh mana kita aware dengan kebersihan dan kesucian diri? Ini pokok sebelum melakukan solat.

Islami : Cara Membersihkan Kemaluan
Mari Menjaga Kebersihan Diri (Image : afto-su.ru)

Ibadah solat khususnya dinilai panjang dan runtut. Emang sih keliatannya rumit, kok harus bersihin diri dulu, wudhu, pake pakaian yang menutup aurat, baru sholat. Kenapa sih gak wudhu langsung solat aja kan gampang? Islam mengajarkan keutamaan bukan kecepatan. Proses yang dilalui tahap demi tahap mengajarkan tentang arti kesabaran dan ketulusan juga lho.

Berikut ini beberapa cara membersihkan kemaluan dengan benar, mohon dipraktekan dan disebarkan ilmunya.

Laki-laki :

Kencing dengan posisi jongkok, sesudah buang air kecil, disunnahkan berdehem sebanyak 2-3 kali supaya air kecingnya benar-benar habis. Setelah itu urutkan dari pangkal sampai ke ujung beberapa kali hingga tidak ada lagi air kencing sisa yang masih tertahan dan keluar. Kemudian basuhlah dengan air hingga bersih. Siram bagian-bagian yang terciprat najis dengan air hingga bersih juga.


Perempuan : 

Apabila membasuh kemaluannya, hendaklah berdehem dan pastikan di cuci bagian dalamnya dengan memasukkan sedikit jari tengah dan diputar-putar sewaktu disiram air bersih. Bersihkan sampai najis hilang dan siram bagian yang terciprat najis sampai bersih.


Buang Air Besar :

Baik laki-laki maupun perempuan, setelah buang air besar hendaklah membersihkannya dengan air kemudian sembari memasukkan satu jari ke dalam dubur. Putarkan beberapa kali di dinding dubur hingga kotorannya benar-benar keluar. Siram dengan air bersih hingga najis hilang dan bersih

Comments