5 Faktor Penyebab Sering Lupa

Kejadian lupa sudah menjadi hal yang lumrah dan wajar malah sebagian menganggap biasa. Tapi ngomong-ngomong biasa juga kalo keseringan bikin sebel. Terus yang disalahin siapa kita juga kan? Kodrat yang satu ini emang gak bisa diilangin. Gak tua gak muda sama aja, kalo udah lupa ya lupa gak bisa diapa-apain lagi. 

5 Faktor Penyebab Sering Lupa
Lupa (Image : penyakitlupa.com)

Yang jadi penyebab lupa selain kodrat apa lagi? Lha, ini yang pengen Lapin bahas ke kalian. Bukan mengatasi secara sempurna hanya mengantisipasi kejadian lupa aja, siapa tahu dengan mengetahui penyebab faktor sering lupa semakin bisa menghindari diri dari lupa.


1. Banyak pikiran

Ada aja yang dipikirin, gak tahu kenapa semakin tahun, semakin ribet dunia. Permasalahan ekonomi udah ruwet ditambah permasalahan sosial, politik sampai permasalahan rumah tangga. Hadeuh, mau dibawa kemana ini? So, jangan terlalu spaneng, jalanin hidup sesuai dengan ritme, kalopun ternyata yang kita pikirkan dan pengen kita lakukan, lakukan segera yang pengen dilakuin sekarang tapi kalo gak kesampaian ya dilakuin besok. 


2. Stress

Ini penyebab lupa yang lain, stress mikirin anak bandel minta ampun, stress mikirin istri bawelnya minta ampun, stress ngurusin kerjaan gak kelar-kelar, ini dan itu yang lain. Bikin pusing. Ini juga kebiasaan yang gak baik, selain bikin lupa bisa bikin sakit juga. Lapin tahu, manusia itu dinamis jadi segala sesuatunya bakal berubah. Dengan cara apa, situasi dan kondisi saat ini berubah menjadi lebih baik yaitu dengan berusaha dan berdoa. Oya banyak pikiran bukan berarti stress, beda pake banget.


3. Terlena

Terlena karena keasyikan becanda, keasyikan ketawa sama ngobrol pas kerja, pas lagi belajar. Akhirnya bisa ngelupain apa yang pengen kita lakuin. Terlena perlu tapi sesaat gak selamanya. Emang kamu mau ketawa terus dari bangun tidur sampai tidur lagi gak kelar-kelar yang ada malah dibilang gila. 


4. Main

Keasyikan main juga jadi masalah apalagi kalo duel kalah melulu pasti pengennya gak mau brenti. Cobalah atur manajemen waktu dengan baik, biar seimbang, manajemen waktu buat ibadah, belajar, bekerja, bermain, istirahat dll. Kalo udah gede harusnya mikir itu sih.

5. Gugup dan Panik

Ini satu paket karena biasanya hal ini sering dialami orang yang mau ujian ngapalin mendadak terus akhirnya gugup dan panik karena belum belajar malemnya atau orang yang mau diinterview karena saking groginya sampai gugup dan panik padahal udah ngapalin apa yang harus di jawab. Serta tetek bengek menjelang ujian karena gugup dan panik akhirnya lupa beneran. So, hai manusia dengan jiwa-jiwa yang tenang, tenanglah, kalian bisa lalui ini asalkan gak gugup dan gak panik. Minimalisir kedua hal itu.

Comments