5 Kiat Menyalip dengan Aman

Salip menyalip udah jadi kebiasaan umum para pengendara kendaraan bermotor. Tujuannya sih kalo boleh dibilang biar lebih cepet nyampe tujuan, biar gak jadi buntut doang. Tapi menyalip yang asal nyalip berakibat pemicu kecelakaan di perjalanan. Kalian gak pengen kan kalo ada apa-apa di jalan, kasihan orang di rumah nanti. 


5 Kiat Menyalip dengan Aman
Image : sport.detik.com

Semua jenis kendaraan bermotor yang pengen nyalip wajib patuhi hal-hal berikut. Cobalah lebih aware sama diri kalian sendiri, cekidot.


1. Jarak 

Kalian harus pinter dan presisi buat mastiin kalo jarak antara pengendara yang berlawanan dengan kita masih jauh jadi aman buat nyalip. Jangan pernah nyalip tapi maksa, ini yang gak pas dan gak bener. Yang pernah lakuin ini dan beruntung wajib bersyukur tapi jangan diulangi, yang udah pernah lakuin ini juga tapi apes, ini pelajaran buat kalian.


2. Cek Kondisi Jalan

Misal jarak pengendara yang berlawanan dengan kita masih jauh, kendaraan depan kita mobil atau bus atau bahkan truk, suasana malam, gelap, jalanan rusak, bisa jadi ini bukan bahaya ditabrak tapi bahaya jatuh. Lapin pernah ngerasaiin sendiri posisi udah jauh enak buat nyalip ternyata ada goakan besar ambyar dah pake motor walau gak jatuh. Poinya adalah jangan keseringan pulang malam apalagi di jalanan yang rusak (bisa berlubang, bisa tambalan, bisa juga berkerikil). 


3. Beri tanda sebelum menyalip

Dan camkan ini, setiap kali mau nyalip misal pagi dan siang bunyiin klakson biar yang mau disalip dan yang berlawanan arah waspada. Kalo malem gak usah pake klakson berisik, pake lampu kedip aja (dibikin jarak jauh sama jarak dekat). Selama di perjalanan sering-seringlah cek kondisi motor di perjalanan, jangan pernah kapok buat cek terus, misal kondisi ban, tangki bensin, lampu sein, dll. Supaya apa, supaya kalian kalo nyalip enak. Soalnya gini, kalian bisa bayangin sendiri, misal ban bocor posisi nyalip atau ban pecah kalo mobil posisi nyalip itu bahaya men. 


4. Pastiin kondisi badan

Pernah tuh Lapin kejadian masuk angin, tapi pengen cepet pulang, suasana malam. Istirahat dulu di masjid atau paling gak makan yang panas dan minum yang anget-anget. Double pake pakaiannya, misal terpaksa gak kuat, numpang istirahat di masjid atau ke rumah sakit terdekat. Intinya itu masih bisa fokus atau gak buat nyalip. Kalo gak jangan dipaksa.


5. Doa

Ini obat paling manjur, gak tahu kenapa bawaannya tenang setiap kali berdoa kalo mau kemana-mana. Tujuan utamanya biar gak terjadi yang tidak diinginkan, misal kecelakaanpun gak parah-parah amat paling banter lecet doang. Dibiasaiin juga kasih range waktu dari tempat rehat satu ke tempat rehat ke dua, jangan ngoyo banget kalo masih jauh, selama masih jauh. Kalo udah deket tempat tujuan gak perlu rehat gak papa.



Aku juga bakalan kasih video bagus banget buat kalian wahai pengendara kendaraan bermotor. Mohon diperhatiin dan disimak ya guys. Semoga selama sampai tujuan. :)

Comments