Islami : 4 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Menikah

Pernikahan merupakan sesuatu yang sakral dan tidak bisa kita remehkan. Terlebih menganggap bahwa pernikahan hanyalah pemuas kebutuhan seksual semata yang halal secara agama dan legal secara negara. Lebih dari itu hakikat pernikahan yang harus dijunjung tinggi. Mengapa pernikahan juga disebut sebagai salah satu sunnah rasul?


Islami : 4 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Menikah
Image : paketpernikahanku.xyz

Sesuatu yang disunnahkan apabila dikerjakan tidak hanya mendapatkan pahala namun kebaikan di sisi-Nya baik di dunia maupun di akhirat. Namun perlu diketahui sebelum menikah ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, apa itu? nanti diulas di bawah ini


1. Tanggung Jawab

Berlaku lebih bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan anak orang lain dalam hal ini istri menjadi salah satu menjalankan kewajiban dan kebutuhan kita. Secara lahiriyah dan batiniyah, seorang imam akan lebih aware terhadap kepentingan keluarganya ketimbang kepentingan pribadinya semata. Cobalah untuk diperhatikan hal ini sebelum menikah. Supaya diri kita lebih siap secara mental.


2. Cinta

Kecintaan yang tumbuh saat sebelum menikah jangan sampai menjerumuskan kita kepada hal-hal yang meruntuhkan kesucian pernikahan. Mulai dari hal sepele seperti dendam dan selisih bahkan jangan sampai berujung kepada perzinaan sebelum menikah. Ini bukan yang diajarkan Nabi Muhammad SAW dan haram hukumnya. Perhatikan dengan seksama nafsu kalian, atur dan jangan ikuti ego kalian. 


3. Persiapkan diri

Persiapan ini lebih kepada persiapan dalam berjumpa dengan calon mertua, saudara-saudara calon mempelai wanita. Kalian mungkin bisa meluluhkan hati si wanita idaman kalian, tapi pastiin juga kalian sudah bersahabat dan akrab dengan keluarga dan saudara-saudaranya. Jangan menimbulkan konflik yang tidak perlu untuk menghindari kericuhan dan kesenjangan tali silaturahmi.


4. Bekal

Bekal ilmu agama yang terus ditingkatkan, bekerja yang rajin serta semangat menjadi indikator bahwa tidak hanya kebutuhan duniawi saja yang kalian bisa lakukan untuk keluarga kalian. Jangan membiasakan diri membutakan kehidupan agama bagi keluarga kalian, sebab kalian akan dimintakan pertanggung jawaban yang kalian lakukan terhadap keluarga kalian. Sembari terus belajar, bekerja dan berusaha Lapin yakin kalian bisa menjalani kehidupan keluarga yang sakinah mawadah warohmah. 

4 hal tersebut bisa menjadi acuan dasar dalam membangun keluarga. Sebelum menikah persiapkanlah dengan baik, tingkatkan terus bekal, kekuatan mental dan rasa cinta yang terukur agar tetap terjaga kualitas hidup kalian serta lebih bertanggung jawablah sekarang dengan segala yang kalian perbuat. :)

Comments