3 Kesamaan Partai Politik dengan Klub Sepakbola di Indonesia

Hiruk pikuk sepakbola Indonesia menjelang Sea Games ke-29 di Kuala Lumpur kemudian Asian Games ke-18 di Jakarta dan Palembang menjadi sorotan media akhir-akhir ini. Terlebih kedatangan pelatih baru dari Spanyol, Luis Milla untuk menangani timnas U-22 memberikan angin segar untuk timnas Indonesia ke depan.

3 Kesamaan Partai Politik dengan Klub Sepakbola di Indonesia
politik dan sepakbola (majalahpeluang.com)

Sama halnya dengan sepakbola, politik merasakan keriuhan menjelang pilkada serentak 2017. Antusiasme ke dua hal ini takkan pernah surut dan akan terus bergulir.

Kesamaan keduanya bisa dilihat dari berbagai aspek yang terlihat di dalamnya. Ada 3 aspek yang memungkinkan kesamaan.

1. Pendukung


Jika pendukung partai politik disebut massa politik, pendukung sepakbola disebut suporter. Kesamaannya ialah warna yang dikenakan tiap suporter mencerminkan pendukung sepakbola tertentu, partai politik pun demikian. Pawai dijalanan sudah menjadi kebiasaan umum baik itu massa politik maupun suporter.

2. Logo


Tiap partai politik memiliki logo masing-masing. Sepakbola juga memiliki logo dengan ciri khasnya tersendiri terlihat dari komposisi warna dan ikon yang ditampilkan.


3. Pendatang Baru


Munculnya pendatang baru di dunia sepakbola dan politik memberikan kesegaran dan harapan besar. Selain itu, munculnya wajah baru turut hadir dalam perpolitikan dan persebakbolaan nasional. Semuanya menginginkan agar wajah baru ini bisa menggantikan wajah lama yang sudah mulai redup dan pensiun.

Comments