5 Cara Menjadi Pengusaha Sholeh 2017


5 Cara Menjadi Pengusaha Sholeh 2017
Gimana caranya biar bisa menjadi pengusaha sholeh?
(Image : topilambe.com)

Pengusaha atau lebih sering disebut Entrepreneur, merupakan impian sebagian besar orang, karena pengusaha memiliki lebih banyak kesempatan dan kemampuan untuk bisa melakukan banyak hal. Terkait dengan kesempatan memiliki penghasilan yang besar, kesempatan untuk bisa menolong dan membantu sesama secara materi. Kemudian kemampuan untuk bisa lebih mandiri, kemampuan untuk bisa lebih mencukupi kebutuhan diri sendiri dan keluarga.

Tapi yang perlu kita ketahui ialah konsep untuk menjadi Pengusaha. Mental pengusaha yang tidak gampang menyerah serta bermental baja harus kita tanamkan dalam hati, Selain itu, kita harus mencoba belajar menjadi Leader bagi diri sendiri, partner dan orang lain dalam lingkup kehidupan kita.

Manajemen diri sebagai seorang Leader tercermin dari niat kita dalam memulai langkah, dalam hal ini Pengusaha. Niat menjadi pengusaha muslim yang sholeh yang taat kepada Allah SWT dan Rasulllah SAW, harus terus kita pupuk. Beberapa indikasi bahwa niat menjadi Pengusaha Sholeh ada dalam sanubari setidaknya mencakup hal berikut

Sholat, bukan hal gampang untuk bisa melaksanakan ibadah wajib semacam ini, perlu tekad dan konsistensi yang tidak hanya kesadaran semata. Ini bisa kita ukur dari produktivitas kita dalam melakukan aktivitas sehari-hari serta nilai positif yang dihasilkan.

Berdoa, poin penting selain ikhtiar ialah doa yang dikabulkan. Setelah ibadah wajib terpenuhi, ibadah sunnah digiatkan. Berdoa berperan untuk melancarkan rezeki mempermudah jalan. Cara berdoa yang baik dengan memohon ampunan disetiap waktu, memohon kebaikan dunia dan akhirat, memohon kemanfaatan dari ikhtiar yang kita lakukan.

On time, mulai dari sholat, kalau sedang bekerja, berangkat kerja tepat waktu, belajar, belajarnya tepat waktu tidak main-main melulu, misalkan ikut aktif dalam komunitas, atau yang lain benar-benar dimanajemen dengan baik waktu kita.

Sering silaturahmi dan menjalin ukhuwah, mempererat tali silaturahmi merupakan kewajiban sesama muslim, saling memberikan nasihat, saling memberikan kabar gembira misal lowongan pekerjaan, kerja sama, sedekah dan yang lain tidak mengurangi nilai usaha kita bahkan menambah nilai kebaikan yang berdampak secara langsung dan dapat kita rasakan manfaatnya. Menjaga komunikasi yang baik juga salah satu bagian menjalin ukhuwah antar sesama muslim.

Sering belajar, giatkan belajar menghafal AL Quran kemudian mengaplikasikannya dalam kehidupan sosial dan pribadi. Belajar bertanggung jawab terhadap waktu dan hak orang lain. Belajar dari para mentor atau orang lain yang menginspirasi, tidak lupa banyak bertanya jika memang belum tahu, lebih baik bodoh tapi banyak belajar dan bertanya dari pada sok pintar tapi segan bertanya dan malu belajar. 

Poin-poin tadi hanya bagian kecil dari usaha yang besar untuk menjadi pengusaha yang sholeh. Untuk apa menjadi besar tapi kosong, menjadi besar dipermukaan tapi kecil didalam. Kita hanya perlu melakukan segala sesuatunya secara Ilahiyah agar menemukan hakikat dari nilai kemanusiaan dan keadilaan dari seorang Pengusaha.

Comments