4 Kebiasaan Buruk Manusia Saat ini

Beberapa hal buruk yang sudah biasa kita lakukan saat ini. Seperti akan tetap berlanjut jika kita tidak secara sadar menyadarinya. Mungkin kita tak terlalu ambil pusing alias cuek tapi apakah kita akan tetap seperti itu, berikut ini beberapa keburukannya.

4 Kebiasaan Buruk Manusia Saat ini
Perilaku buruk (Image : lifehack.org)


1. Buang-buang waktu

Aku kadang heran melihat orang yang begadang seharian dan hanya nongkrong-nongkrong ga jelas. Mungkin kalo begadang untuk aktivitas ibadah, menolong orang yang kesusahan atau ikut membahas masalah bisnis dan usaha yang lain tidak jadi masalah. Tapi begadang untuk pacaran, begadang untuk membuang-buang waktu yang gak jelas sangat tidak produktif dan tidak bermanfaat. Coba dipikir ulang kembali


2. Malas bersilaturahmi


Malas karena sudah banyak aplikasi dari gadget yang mendukung lebih cepat dan lebih singkat, apalagi kalo udah ada internet. Semuanya menjadi serba mudah dan murah, jadi rada males-malesan. Padahal bersilaturahmi dengan menatap muka itu lebih mulai nilai kebaikannya. Mengerti kondisi real dengan hanya sebatas text atau suara tentu berbeda, cobalah sesekali tengok saudara, sanak famili kalian.


3. Mudah berasumsi dan berprasangka buruk


Setiap aktivitas internet membuat netizen merasa gerah. Kadang orang dengan mudahnya asal mengumbar sana dan sini. Akibatnya masalah kecil berujung besar. Orang awam yang melihat hal ini dari sudut pandang yang berbeda pun ikut memberikan kabar semakin simpang siur. Akhirnya fitnah muncul dimana-mana. Perangilah fitnah mulai dari sekarang, coba bersabar dan memohon ampun kepada Allah. 


4. Kurang kerjaan


Karena malas-malasan itu tadi jadinya kurang bermanfaat. Apalagi ada beberapa video konyol mencelakakan diri hanya untuk cari sensasi. Membual dan membodohi diri biar terkenal. Ingat membodohi diri sendiri merupakan perilaku dzolim. Janganlah kalian berlaku dzolim kepada diri kalian, orang lain dan lingkungan, karena apa yang kalian lakukan akan dipertanggungjawabkan kelak.

Comments