5 Hal yang Harus Dilakukan Saat Muda

Selagi masih muda masih bisa melakukan aktivitas secara leluasa. Perlakukanlah waktu dan kemampuan kalian sebaik, semaksimal dan seproduktif mungkin. Pernah terbesit di pikiranku, apa yang harus aku lakukan seandainya aku sadar dan tau bahwa malaikat mencatat segala aktivitas yang kita lakukan di dunia ini secara nyata. Tentu kita akan selalu berbuat baik, selalu menjaga lisan dan hati kita, selalu beribadah kepada Allah SWT dan berbagai macam aktivitas yang selalu membangun diri lebih beriman dan bertaqwa. Ada beberapa poin yang ingin aku sampaikan secara pribadi.

5 Hal yang Harus Dilakukan Saat Muda
Mumpung masih muda yuk aktif?
(Image : itmanagersinbox.com)


1. Banyak beribadah


Dari sekian banyak ibadah yang kita lakukan selalu saja tidak pernah cukup. Ibadah yang kita lakukan semata-mata untuk diri kita sendiri manfaatnya dan niatnya diperuntukan bagi Allah SWT. Lakukan aktivitas ibadah wajib secara istiqomah kemudian tambahkanlah ibadah sunnah secara istiqomah juga. Apa bisa? Insyaallah bila diniatkan karena Allah Ta'ala pasti bisa pasti barokah. Apakah kalian yakin dengan ibadah kalian saat ini kalian bisa mencapai kebahagian dan rahmat Allah di dunia dan di akhirat? Semoga Allah selalu membimbing dan memberikan petunjuk dengan cinta dan kasih sayang-Nya.


2. Banyak berbuat baik


Berbuat baik apa aja yang perlu kita lakukan? Kalian tidak perlu berpikir terlalu rumit. Lakukan saja hal-hal baik bagi kalian, setelah itu lakukanlah hal-hal baik bagi sesama manusia, setelah itu lakukan hal-hal baik bagi setiap makhluk ciptaan Allah. Apa kita bisa lakukan semua? Insyaallah bisa yang penting usaha dan niat kita karena Allah Ta'ala. Hal baik yang bisa kalian lakukan bagi diri sendiri, beribadah, bersedekah, dan beramal shaleh. Hal baik bagi orang lain, selalu tersenyum, selalu membantu dan menolong tentang kebaikan, jangan berbuat mungkar dan dzolim. Hal baik bagi makhluk Allah yang lain seperti menyiram tanaman, memberi makan binatang peliharaan dan menjaga alam serta lingkungan.

3. Banyak berolahraga

Tentunya semua itu harus di dukung dengan kondisi tubuh yang fit, dengan tetap menjaga stamina dan performa tubuh yang bagus. Tak perlu jauh-jauh, kalian bisa bersepeda, berjalan kaki atau jogging di tempat yang aman dan nyaman serta jauh dari keburukan-keburukan yang mengundang dosa.


4. Banyak belajar


Belajarlah kalian dari lahir sampai ke liang lahat. Belajar dari setiap aktivitas yang kalian lakukan dan bagikan jika itu baik dan bermanfaat bagi sesama. Tidak perlu memprovokasi setiap aksi dan kejahatan, Allah itu Maha Baik, suka kebaikan, Allah itu Maha Indah, suka keindahan, Allah itu Maha Suci, suka kesucian. Kalian bisa belajar dan memfilter sendiri setiap isi dan pesan yang disampaikan orang lain.


5. Banyak berdoa


Berdoa untuk kebaikan kita semua, untuk kemaslahatan bangsa dan alam semesta. Menjaga diri untuk tetap taat kepada-Nya. Semoga Allah mengabulkan doa dan mengampun segala dosa kita. Amin

Comments