SCAM, Apa itu?

Kamu pernah dapat SMS Mama Minta Pulsa? itu salah satu modus penipuan yang dinamakan SCAM lho. SCAM adalah modus penipuan dengan menyamar sebagai pihak tertentu yang bertujuan untuk mendapatkan data atau keuntungan dari pihak lain.

SCAM, Apa itu?
Source : kuulpeeps.com\SCAM, Apa itu?

Modus penipuan ini juga bisa terjadi online lho. Tapi gak usah khawatir, ada beberapa tips agar kamu terhindar dari SCAM

1. Abaikan jika kamu menerima telepon, pesan pribadi, email, dan lainnya yang mengatasnamakan pihak tertentu dan meminta transfer sejumlah uang ke rekening pihak lain.

2. Waspadai promo, campaign dan kompetisi palsu dengan cara cek secara ketat, apakah perusahaan tersebut valid atau hanya bayangan, apakah penghargaan, kemenangan atau hadiah yang kalian dapatkan pernah kalian ikuti. Jika kalian tidak pernah mengikuti apapun lalu tiba-tiba menang, kemungkinan besar itu SCAM. Jangan pedulikan.

3. Abaikan dengan cara tidak menginfokan data pribadi dan data-data penting lainnya. 

4. Jika melakukan pembelian online shop pastikan, online shop tersebut jelas alamat kantor, jelas transaksi pembayarannya dan jelas testimoni yang pernah memakainya. Paling aman jika berbelanja di toko online, pastikan sudah pernah muncul di iklan Google atau pernah muncul di TV.

Berikut ini ada video dari Tokopedia, tentang SCAM, Apa itu?


Comments