Video : Keturunan Jawa Sedunia Bertemu

Jawa merepresentasikan kultur budaya, pulau dan masyarakat. Keberadaan Jawa sebagai tanah leluhur bagi para keturunan asli Jawa tak pernah dilupakan hingga saat ini. Di Indonesia mungkin sudah tidak terlihat perbedaan yang mencolok. Lalu bagaimana dengan keturunan Jawa di luar negeri?

Pertemuan Javanese Diaspora yang digagas KPH Wironegoro di Yogyakarta menjadi ajang temu kangen sekaligus memperkuat tali persaudaraan. Gen Jawa yang diwariskan dan digariskan oleh para pelaku sejarah tersebar dipenjuru dunia. Kongres Javanese Diaspora sendiri sudah berjalan 3 kali.

Penyebaran masyarakat Jawa di Suriname, Kaledonia Baru, Malaysia, Thailand, Belanda dan beberapa negara lain memungkinkan komunikasi internasional bangsa Indonesia dalam menggapai semangat tanah air. Nusantara sebagai cikal bakal Indonesia telah mengantarkan kekuatan yang luar biasa hebat.

Peserta Diaspora Jawa secara langsung siap menjadi agen-agen budaya yang akan tetap melestarikan budaya dan nilai luhur Jawa bagi penerus mereka. Tak lupa produk-produk dari kesenian Jawa juga disemarakan dalam acara tersebut. Berikut cuplikan video tentang Diaspora Jawa.


Comments