Islami : Setiap Periode Kenabian Selalu Ada Umat yang Membangkang

Periode kenabian selalu diliputi berbagai macam peristiwa perihal umatnya. Kalian tentu pernah mendengar kisah para Nabi dengan keadaan umat yang bermacam-macam. Kehadiran para Nabi sebagai utusan Allah SWT, tidak serta merta diterima dengan sempurna bahkan terjadi penolakan yang berujung pada kesesatan yang merugikan.

Konsep keimanan yang didakwahkan kepada tiap umat tentu memiliki alasan yang logis. Ada ketidak beresan yang perlu diperbaiki agar tidak semakin merajalela. Lalu umat mana saja yang bisa kita jadikan pelajaran agar senantiasa patuh dan tunduk kepada Allah dari ancaman adzab yang ditimpakan umat-umat terdahulu. Berikut 3 umat yang difirmankan Allah pada kitab suci Al Quran.


1. Kaum Nabi Shaleh


Kaum Tsamud berada pada zaman Nabi Shaleh. Nabi Shaleh diberikan mu'jizat seekor unta yang keluar dari batu. Namun kaum Tsamud dengan sengaja membunuh unta tersebut. Pelanggaran mereka terhadap perintah Allah ada dalam (QS Al Hijr:80, QS Huud:68, QS Qaaf:12)


2. Kaum Nabi Hud

Nabi Hud diperintah untuk mengingatkan kaum 'Ad agar beriman kepada Allah. Kaum 'Ad malah berbuat sebaliknya mendustakan kenabian Nabi Hud. Sampai tiba saat mereka dihancurkan dengan angin yang dahsyat disertai bunyi gelegar hingga akhirnya mereka binasa. (QS. Attaubah:70, QS Fushshilat:13, QS An Najm:50, QS Qaaf:13)


3. Kaum Nabi Nuh

Nabi Nuh diutus untuk kaumnya selama 950 tahun, namun yang beriman sedikit. Kebanyakan kaumnya ingkar dan memperolok Nabi Nuh. Hingga akhirnya datang banjir super dahsyat yang menenggelamkan mereka. (QS. Al Ankabut:14)

Comments