Mengapa Bendera Britania Raya Seperti Itu?

Britania Raya adalah gabungan dari beberapa negara yang terhimpun dalam satu wilayah pulau besar. Beranggotakan negara Inggris, Skotlandia, Wales, Irlandia Utara, serta Irlandia. Asal muasal Britania Raya panjang dan penuh sejarah. Konon kabarnya ada banyak yang menginspirasi bendera Britania Raya menjadi sekarang ini.

Sebelum Lapin coba ulas, ingin mengorek kenapa dinamakan Britania Raya atau dalam bahasa Inggris, Great Britain. Britain sendiri sekilas seperti singkatan dari British, Scotland, North Ireland and Ireland. Kenapa Great karena salah satu negara besar yang punya power di kawasan Eropa pada khususnya dan global pada umumnya. 

Setelah Lapin coba simak video mengenai Flat Earth Society ternyata keberadaan bendera Britania Raya dipengaruhi sebagian besar dari penggabungan bendera England dan Scotland serta North Ireland lama

Coba simak bendera England berikut :


Kemudian coba simak bendera Scotland :


Bendera North Ireland lama :



Apabila digabungkan akan menjadi :


Menurut Lapin ini juga bagian dari kongsi negara dalam mengkokohkan semangat imprealisme jaman dulu. Terlihat dari negara-negara jajahan yang masih dikendalikan oleh otoritas Britania Raya. Coba tengok, Australia, New Zealand dan negara-negara jajahan lainnya. Mereka tentu memiliki kedekatan politik dan kedekatan ekonomi. Setidaknya walau tidak lagi dianggap penjajah tapi memiliki pengaruh besar terhadap negara yang dijajahnya. 

Penjajahan model baru tidak melulu soal sumber daya alam, bisa juga dari peran dalam menentukan arah dan pandangan. 

Comments