My Story : Pekerjaan

Aku pengen share aja pengalam aku saat pertama kali bekerja paruh waktu di sebuah perusahaan berbasis industri kreatif. Kalian pengen tahu, nama perusahaannya? PT. Aseli Dagadu Djokdja. Perusahaan yang berdiri tahun 1994 ini merupakan perusahaan yang berbasis di Jogjakarta dengan produk unggulannya yaitu Dagadu.

Cara atau proses rekrutmennya menarik perhatian banyak mahasiswa dan mahasiswi yang mencari kesibukan selain kuliah tapi gak menyita banyak waktu. Kalian bisa cek atau googling mengenai informasi lowongannya, ketika aja 'Gardep' nanti bakal muncul banyak info yang bisa kalian search satu-satu.

Awal rekrutmen waktu itu, biasa coy ngumpulin berkas adiminstratif meliputi surat lamaran, transkrip nilai, pas foto, CV dan beberapa berkas pendukung lain yang dibutuhkan. Nanti kalian bakal diarahin buat ngisi daftar hadir, lalu di interview. Umumnya tahapan interview bakal lolos semua belum ada sortir.

Kalian bisa cek jadwal dan agenda yang udah disampein sama OT (Oblong Training) yang bisa kita sebut panitianya. Agenda selama beberapa bulan ke depan bakal ada informasi seputar lolos gaknya dengan melihat di mading gerai Dagadu di Yogyatourium.

Tahapan kedua, yaitu tes tertulis, pertama kali aku dateng tes tertulis ternyata modelnya mirip kayak mau tes kerja beneran atau paling gak udah kayak tes SNMPTN waktu itu. Pakaian pakaian item putih, berdasi, celana kain, sepatu pantofel. Yang bikin beda ialah pertanyaan atau soal-soal yang diujikan. Soal-soalnya banyak yang aneh, misal ditanyain seputar kedagaduan, seputar jogja dan beberapa pertanyaan nyeleneh. Abis selesai ujian aku gak begitu yakin tapi tetep optimis sih.

Setelah lolos, tahapan ketiga yaitu FGD, kalian bakal dikasih beberapa studi kasus kemudian kalian coba pecahin kasus tersebut secara mandiri kemudian diambil kesimpulan secara berkelompok. Kalian juga bisa tanya macem-macem setelah selesai FGD

Tahapan keempat, Training Outdoor, disini kalian dituntut buat kompak dan dites semangat kerja sama tiap tim. Di sini kalian bisa seru-seruan bareng juga. Rute yang dilalui seputar Jogja.

Tahapan kelima, Training Indoor, disini kalian bakal diberikan bekal ilmu mengenai kedagaduan secara komprehensif, tentang job des, profil perusahaan dsb. Kalian bisa banyak belajar disitu.

Terakhir setelah lolos kalian bakal diberi kesempatan magang maksimal 8 hari setelah lolos juga kalian mulai aktif sebagai Gardep. Bekerja bukanlah sebagai ajang untuk pamer melainkan untuk ajang mendewasakan diri menghadapi masa depan, aku percaya bahwa seorang leader pasti belajar dari bawah untuk bisa merangkak naik menjadi pemimpin sejati di keluarga dan perusahaan yang ia bangun. 

Comments