Penjelasan AL Fatihah

Setelah coba memahami dan meresapi makna dari petikan surat Al Fatihah, ada beberapa hal yang aku coba sampein, sebelum aku nyebutin beberapa poin yang menjadi bahan renungan dan belajar diri. Alangkah baiknya memahami terjemahan dari surat Al Fatihah, tapi tetep ya guys yang jadi pedoman otentik dan keasilannya dari surat Al Fatihah yang ada di Al Quran di tulis pake bahasa Arab :

Penjelasan AL Fatihah
Al Fatihah (Image : youtube.com)


1. Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang


- Ada banyak nikmat Allah yang diberi ke setiap hambanya, baik yang ada di Bumi dan yang ada di Langit, bahkan seorang yang menganggap dirinya Atheis-pun masih diberi kesempatan dan kenikmatan yang luas untuk menikmati kehidupannya. Kita sebagai hamba memang harus senantiasa bersyukur dengan selalu mengagungkan kebesaran-Nya.


2. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam


- Segala bentuk pujian yang agung kita panjatkan kepada Allah SWT. Tuhan semesta alam yang mengatur segala isi alam semesta. 


3. Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang


- Keberadaan Asmaul Husna mengindikasikan bahwa Allah memang Dzat yang harus selalu ada di hati dan pikiran kita, pengasih berarti selalu memberi dan penyayang berarti selalu memberikan kasih sayang, Allah SWT tak henti-hentinya memberikan kedua hal tersebut ke setiap makhluk-Nya.


4. Yang Memiliki Hari Pembalasan


- Kita harus senantiasa memohon ampun, sebelum hari pembalasan tiba. Di hari pembalasan nanti setiap makhluk akan mempertanggungjawabkan setiap perbuatan yang telah di lakukannya. 


5. Hanya kepada mu kami menyembah dan hanya kepadamulah kami memohon pertolongan


- Ini sebagai bukti ketauhidan bahwa hanya Allah SWT yang harus kita sembah dengan mengerjakan segala perintah-Nya dan menjauhi serta meninggalkan larangan-Nya. Kita tak akan pernah bisa hidup sendiri, mintalah pertolongan kepada Allah SWT karena Allah SWT sebaik-baiknya penolong kita.


6. Tunjukilah kami jalan yang lurus


- Walaupun kita selalu membaca surat Al Fatihah tapi kadang kita masih saja belum bisa istiqomah untuk tetap lurus di jalan-Nya. Ada kalanya kita menyimpang dari jalan-Nya, ada kalanya kita tersesat dari jalan-Nya.


7. Yaitu jalan orang-orang yang Engkau beri nikmat atas mereka bukan jalan orang-orang yang Engkau murkai dan bukan pula jalan mereka yang sesat


- Jalan yang Allah telah memberikan anugerah berupa kenikmatan di dunia dan akhirat bagi setiap muslim dan mukmin, bukan bagi setiap makhluk yang dimurkai karena kesesatannya, karena kesyirikannya, karena kemunafikannya, dan berbagai macam dosa yang selalu dilakukannya tanpa merasa takut dan khawatir bila masuk neraka.

Insyaallah kita senantiasa dilindungi dari godaan setan yang terkutuk. Mohon ampunlah kepada Allah disetiap waktu dan setiap kita gundah, senang dan duka :)

Comments