Rukun Iman Agama Islam

Iman ialah meyakini dengan sepenuh hati, mengucapkannya dengan lisan dan mengamalkannya dengan anggota badan. Rukun Iman di dalam Islam ada 6 yaitu :

Rukun Iman Agama Islam
Rukun Iman Agama Islam (Image : muslimfiqih.blogspot.com)

1. Iman kepada Allah SWT

Menjalankan perintahnya dan menjauhi larangannya, beberapa larangan yang diri ini harus jauhi dan ditinggalkan yaitu Syirik.


2. Iman kepada Malaikat

Menjalakan akitivas ibadah dengan penuh ketaatan dan penuh keikhlasan untuk mengharap ridho Allah Ta'ala, seperti para malaikat yang selalu bertasbih memuji-Nya di siang dan malam hari.


3. Iman kepada Kitab-kitab Allah SWT


Mengimani bahwa Allah telah menurukan kiitab kepada para umatnya, Zabur, Taurat, Injil, Quran kita harus berpegang teguh padanya.


4. Iman kepada Rasul-rasul Allah SWT


Mengimani bahwa rasul adalah penyampai risalah yang harus kita teladani sikap dan perjuangannya dalam berdakwah dalam menjalani kehidupan sehari-sehari menjadi pribadi yang santun dan berbudi mulia.


5. Iman kepada Hari Kiamat


Mengimani bahwa dunia ini akan berakhir dan kita sebagai umat manusia akan dimintakan pertanggung jawabannya di Akhirat kelak.


6. Iman kepada Qada dan Qadr

Mengimani bahwa setiap kejadian ada hikmah di dalamnya. Jangan pernah berburuk sangka dengan Allah dan janglah pula bersedih hati.

Comments