Cara Berbelanja di Bukalapak

Bukalapak awalnya aku kira semacam toko jual beli, ga sepenuhnya salah sih tapi paling tepatnya ialah penyedia toko bagi para pelapak-pelapak yang ingin menjualkan produknya. Dikarenakan Bukalapak menyediakan sistem, maka semua transaksi harus dilakukan by internet. 


Cara Berbelanja di Bukalapak
Bukalapak (Image : techno.id)

Aku ingin berbagi mengenai cara berbelanja di Bukalapak, ga terlalu tutorial banget sih tapi yang jelas tahapan yang bakal kalian lalui. 

1. Buka situs Bukalapak di www.bukalapak.com

2. Kalian cari barang yang ingin kalian cari di kolom 'Pencarian' atau kalian bisa pilih kategorinya juga.

3. Pilih produk yang menawarkan harga kompetitif, ekonimis dan terjangkau. Kalian juga bisa melakukan penilaian berdasarkan feedback yang diterima pelapak oleh pembelinya. Apabila lebih banyak dan lebih besar feedback postifinya maka kemungkinan besar hasil dari pelapak tersebut tidak mengecewakan walaupun tetap relatif sih.

4. Melakukan pengisian form pengiriman. Oya pastikan kalian sudah login terlebih dahulu ya. Biar apa? biar daftar belanja kalian bisa ditracking by akun kalian.

5. Melakukan konfirmasi pembayaran. Aku ngerasa bedanya di sini, kalo di Bukalapak, konfirmasi pembayarannya ditunggu 1x24 jam jadi terasa buru-buru banget kalo buat transfer. Oya ngomong-ngomong transfer, nanti kalian bakal dapet 3 digit angka unik setiap kalian melakukan pembelanjaan. Nomor unik tersebut wajib disisipkan di total biaya belanja yang akan kalian transfer. Misal 3 digit angka uniknya 123 lalu total belanja kalian 100.000 rupiah maka kalian akan wajib transfer 100.123 jadi transfer kalian sudah secara otomatis terkonfirmasi pembayarannya.

6. Bukalapak menginformasikan setelah kalian selesai transfer bahwa Bukalapak memberi waktu 4-6 hari buat pelapak, buat ngirim produknya. Apabila selama waktu yang ditentukan ternyata pelapak tidak melakukan pengiriman produk yang dipesan kalian maka uang kalian akan dikembalikan. Tapi aku masih belum tahu, apakah akan direfund atau disimpan dalam bentuk deposit. Soalnya aku pernah nanya tapi ga direspon sama CS-nya huhuhu..

7. Kalian cuma tinggal nunggu pesanan kalian aja :D

Comments