Pidato Indonesia di PBB yang Menggugah Dunia Tentang Palestina

Sejak keputusan kontroversial Donald Trump yang menyatakan Jerusalem sebagai ibukota Israel secara sepihak tentu membuat masyarat dunia geram. Karena pernyataan tersebut sebagai wujud dari tidak adanya sikap rekonsiliasi Israel dan Palestina.

Indonesia sebagai saudara Palestina tentu tidak bisa menerima begitu saja pernyataan Presiden Amerika Serikat. Indonesia bekerja sama dengan OKI untuk memberikan sikap tegas terhadap keputusan kontroversial tersebut. 

Akhirnya Dewan Keamanan PBB pun memiliki argumen yang sama untuk menolak pernyataan Trump tersebut dengan tidak mengindahkan kedubes mereka untuk pindah ke Jerusalem. Lalu dibuatkan sidang resolusi di PBB.

Ada sekitar 128 negara yang menolak statement Presiden Amerika Serikat, dan hanya 9 negara kecil saja yang setuju dengan Amerika Serikat. Kemudian masing-masing negara menyampaikan suaranya masing-masing.

Indonesia dengan diwakili Dian Triansyah Djani sebagai Wakil Tetap RI untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa memberikan aspirasi Indonesia dalam mendukung Palestina. Kalian bisa simak video dibawah ini.


Di akhir kata ada satu kalimat yang sedari dulu diperjuangkan Indonesia untuk Palestina yaitu "Indonesia tidak akan pernah mundur sejengkal pun dalam perjuangan kemerdekaan Palestina."

Comments